Pandanglah burung-burung di langit yang tidak menabur…namun diberi makan oleh BAPAmu yang di surga. Bukankah kamu jauh lebih berharga daripada burung-burung itu ?

Matius 6 : 26

Saudara yang terkasih, 

Beberapa teman kuliah di group WA yang kami ikuti, merasa gamang dengan tahun 2020 ini. Mereka bilang, masa depan bangsa kita suram. Bahkan masa depan ekonomi global sedunia seperti tidak ada kepastian. Semuanya membawa kepada kesulitan yang dahsyat yang pasti akan kita rasakan bersama di masa yang akan datang. Bahkan ada seorang teman ( yang merasa dia paling ngerti dan pandai ), yang suka ber’kotbah’ panjang lebar soal perekonomian ini. Dia mengetik ‘ramalan’nya dengan huruf-huruf besar semuanya. Dan semuanya tidak ada yang indah. Semuanya bernada negatif, sehingga membuat pembacanya merasa bingung dan gamang.
Saudara, siapakah yang akan kita percayai, ‘ramalan’ para ahli ekonomi yang ada di sekitar kita, atau janji penyertaan TUHAN yang sudah banyak kita dengarkan di gereja dan kita baca di pembacaan Alkitab harian yang kita miliki ? TUHAN telah berjanji, bahwa kita akan diberi makan. Kita tidak akan sampai meminta-minta roti. Anak cucu kita akan diberkati dan menjadi berkat buat sekeliling. Semuanya jelas tercatat dan semuanya digenapi olehNYA setiap hari. Mengapa kita masih juga takut memandang masa depan? Sampai TUHAN menyuruh kita memandang burung-burung di langit, sebagai contoh yang nyata akan pemeliharaan-NYA !
Saudara, tinggalkanlah kegalauan hatimu, ketakutanmu akan apa yang akan terjadi esok. Di dalam TUHAN ada jaminan kekal, bahwa DIA PASTI MEMELIHARA kita. DIA tidak pernah melupakan kita. Beribadahlah dengan tekun, lakukan tugas ibadahmu dengan setia, sebab TUHAN yang kita sembah juga telah SETIA memberkati kita.

Jangan menyerah, jangan berhenti percaya padaNYA
Walau kelam di depanmu, tiada jalan bagimu
Jangan menyerah, jangan berhenti percaya padaNYA
Ijinkanlah DIA bekerja, memberi jalan bagiMU

Ary dan Ester Handoko

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKU Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu.

Yohanes 14 : 27

Saudara yang terkasih, 

Kita baru saja menginjak di tahun yang baru, tahun 2020, tetapi kabar-kabar yang mengguncangkan hati mulai kita dengar, bahkan dari tanggal 1 Januari yang baru lalu. Ibukota negara kita terendam banjir yang sangat luar biasa, puluhan orang meninggal dunia. Belum lagi selesai, kita dengan kabar gunung Merapi bergejolak. Longsor di daerah Bogor. Lalu disusul gempa di Aceh. Semua kejadian itu susul menyusul tiada henti. Entah apa lagi bencana alam yang nanti akan terjadi. Semuanya itu menjadi berita yang membikin hati merasa tak aman. Segala sesuatu sepertinya sedang ditampi oleh Yang Maha Kuasa dan tidak ada yang akan terlewatkan.
Benarkah tidak ada yang terlewatkan untuk menerima tampian TUHAN tahun ini ? Bila hati kita merasa cemas dan kuatir, kami ajak saudara untuk sejenak menengok ke tahun yang barusan lewat. Ingat-ingat semua apa yang sudah TUHAN kerjakan dalam kehidupan kita masing-masing. Mari kita hitung semua berkatNYA. Jangan hanya berkat berupa materi, tapi hitunglah berkat yang tak ternilai seperti : perlindungan TUHAN, keutuhan keluarga, anak-anak yang nurut dan rajin serta setia beribadah, kesembuhan, kesehatan yang TUHAN jaga, dan juga waktu beribadah yang TUHAN beri kepada kita. Itu semua sekali lagi adalah bukti penyertaan TUHAN yang luar biasa. DIA, BAPA yang baik itu, menuntun kita hari demi hari, dengan Kasih Setia yang tak berkesudahan.
Di awal tahun baru ini, bila rasa cemas dan kuatir mulai menghampiri, mengapa kita tidak coba mengingat serta menghitung berkat-berkat yang sudah kita terima ?

Tiada berkesudahan kasih setiaMU TUHAN
S’lalu baru rahmatMU bagiku
Hari berganti hari tetap kulihat KasihMU
Tak pernah berakhir di hidupku

Ary dan Ester Handoko

…supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan

I Korintus 12 : 25

Saudara yang terkasih, 

Beberapa waktu lalu kami mengunjungi suatu wahana di kota Batu, namanya Museum Tubuh. Di dalamnya berisi banyak foto dan replika tentang anggota tubuh kita dari ujung kepala sampai kaki. Juga ada penjelasan tentang cara kerja dan fungsi masing-masing anggota tubuh itu. Ternyata yang kelihatannya kecil dan sering dianggap tak berguna, justru banyak gunanya. Contohnya, usus buntu. Dulu orang berkata bahwa usus buntu tidak ada gunanya. Tapi ternyata, dia berfungsi untuk keseimbangan. Contoh lainnya, kita diciptakan dengan 2 ginjal. Bila salah satu diambil, maka 1 ginjal yang tersisa akan bekerja lebih keras 2 kali lipat. Berarti ungkapan : boleh menjual ginjal untuk dapat duit, itu salah. Karena semua anggota tubuh sangat-sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup.
Saudara, semua anggota tubuh diciptakan untuk suatu tujuan. Tidak mungkin TUHAN menciptakan sesuatu kemudian ditempelkan di tubuh kita, dan itu tidak ada fungsinya. Kita juga adalah anggota tubuh KRISTUS. Tidak mungkin kita menjadi anggota tubuh KRISTUS dan tidak ada fungsinya. Kita semua ditaruh TUHAN di dalam Tubuh-NYA untuk suatu maksud tertentu, maksud yang mulia, yaitu untuk memuliakan Nama-NYA.
Betapa indahnya bila semua anggota tubuh berfungsi dengan baik dan sehat. Marilah kita juga menjadi anggota tubuh yang baik dan sehat, serta dapat berfungsi secara maksimal. Kita sekarang telah memasuki tahun yang baru. Biarlah di tahun 2020 ini kita semakin indah dihadapan-NYA. Menjadi anggota tubuh KRISTUS yang semakin sempurna serta saling mendukung dan bisa bekerja sama dengan baik dengan anggota tubuh lainnya.

Selamat memasuki Tahun Baru 2020,
Selamat menikmati Berkat TUHAN di tahun baru ini….

Ary dan Ester Handoko

IA akan menjadi besar dan akan disebut ANAK ALLAH yang Maha Tinggi. Dan TUHAN ALLAH akan mengaruniakan kepada-NYA takhta Daud, bapa leluhur-NYA, dan IA akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-NYA tidak akan berkesudahan

Lukas 1 : 32 - 33

Saudara yang terkasih, 

Hadiah terbesar apa yang pernah saudara saksikan diterima oleh seseorang ? Baru-baru ini kami menyaksikan di you-tube, satu hadiah yang luar biasa yang diterima oleh sebuah keluarga yang terdiri dari seorang anak dan seorang ibu (karena suaminya sudah meninggalkan mereka), dalam acara The Ellen Show. Awalnya mereka mendapat hadiah dengan menghadirkan seorang aktor idaman mereka. Lalu dihadiahi lagi dengan hadirnya seorang guru wanita yang dulu waktu masih kecil sangat menyayangi anak ini. Kemudian dimunculkan foto mobil tua yang saat ini mereka kendarai, dan Ellen memberikan mobil baru sebagai gantinya. Lalu sang ibu dihadiahi lagi sebuah mesin cuci lengkap dengan pengeringnya. Terakhir, sang pembawa acara berkata bahwa apartemen mereka pasti kekecilan bila diisi dengan mesin cuci baru yang cukup besar itu, jadi akhirnya mereka mendapat hadiah : sebuah rumah baru yang indah !
Saudara, hadiah apa yang saudara terima di masa Natal ini ? Bila saudara berkata,”Ah, tidak ada orang yang memberiku hadiah sama sekali..” maka saudara salah. Di masa Natal, TUHAN memberi kita Hadiah yang Super Mewah dan tak bisa dibeli dengan apapun, yaitu : Seorang RAJA yang Menebus dosa kita! Itulah YESUS KRISTUS. RAJA yang bisa memberi Keselamatan dan Rumah Abadi yang terindah yang tak bisa kita bayangkan. Itulah Hadiah yang TERBESAR dan TERINDAH dan tak terkatakan (karena tidak bisa diukur dengan uang berapapun) yang pernah diberikan BAPA kepada kita !
Bersukacitalah, karena upahmu besar di Sorga ! Bersukacitalah, karena YESUS datang menebus dosa kita ! Bersukacitalah, karena IA mau MENGENAL dan membawa kita tinggal bersama DIA !

Ary dan Ester Handoko

Jika kita biasanya hanya mengucapkan “Selamat Natal” kepada saudara-saudara kita di Indonesia, maka di negara lain pun mereka mengucapkan Selamat Natal satu sama lain, dalam bahasa masing-masing. Berikut ini ada 30 ucapan Selamat Natal dari berbagai bangsa dan bahasa. Ucapan Selamat Natal dalam bahasa yang berbeda ini tentu sangat menarik untuk dicantumkan di kartu Natal, atau media sosial kita semua :
1. Belanda : Vrolijk Kerstfeest.
2. Cina Mandarin : Kung His Hsin Nien Bing Chu Shen Tan
3. Denmark : Glaedelig Jul
4. Ethiopia Amharik : Enkuan la gena beál selam aderesachu
5. Estonian : Haid Joule !
6. Filipina : Maligayang Pasko
7. Finlandia : Hyvaa Joulua
8. Hawaii : Mele Kalikimaka
9. Inggris : Merry Christmas
10. Irlandia : Nollaig Shona Dhuit
11. Italia : Buon Natale !
12. Jepang : Kurisumasu Omedeto
13. Jerman : Frohliche Weihnachten
14. Kenya Swahili : Heri ya Krisimas
15. Kroazia : Sretan Bozic
16. Korea : Sung Tan Chuk Ha
17. Latin : Natale hilare et Annum Faustum !
18. Malta : Il-Milled It-tajjeb
19. Papua New Guinea : Bikpela hamamas blong dispela
20. Perancis : Joyeux Noel
21. Portugal : Feliz Natal !
22. Swedia : God Jul
23. Samoa : la manuia le Kerismasi !
24. Spanyol : Feliz Navidad
25. Urdu : Naya Saal Mubarak Ho
26. Vietnam : Chuc Mung Giang Sinh
27. Wales : Nadolig Llawen
28. Yunani : Kala Christouyenna !
29. Rusia : Pozdsravlyenie s Rozhdestvomi s Novym Godom !
30. Arab : I’d Miilad said oua sana saida

Ary dan Ester Handoko

Page 1 of 42