Karena IA tahu jalan hidupku; seandainya IA menguji aku, aku akan timbul seperti EMAS

Ayub 23 : 10

Saudara yang terkasih, 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa barang-barang bermerk yang mahal-mahal, pasti akan dipalsukan. Sebut saja beberapa merk terkenal seperti : Gucci, Louis Vuitton, atau Etienne Aigner. Sudah banyak sekali barang-barang yang meniru barang aslinya, bahkan merknya pun akan dipalsukan dengan merk yang sama. Belum lagi barang yang super mahal seperti Hermes. Baik dari barang-barang fashion sampai parfumnya pun, telah dibuat produk palsunya. Bukan cuma barang-barang saja yang dipalsukan, bahkan mereka pun telah pandai memalsukan bahan-bahan makanan seperti : telur palsu sampai beras palsu. Bila tidak betul-betul cermat, bisa jadi barusan kita membeli telur atau beras palsu yang dibuat dari plastik di toko terdekat.
Makin lama orang makin pinter membikin tiruan. Makin lama makin canggih, makin mirip. Bahkan banyak barang-barang yang kita pikir made in America, atau made in British, tetapi ketika dibolak-balik, ada tulisan kecil dibalik kerah baju (misalnya) yang sulit dibaca, dan bila dipelototi ternyata berbunyi : made in China. Padahal bajunya bagus. Bahannya halus. Siapa sangka itupun made in China.
Saudara, di akhir jaman, segala sesuatu dipalsukan. Dibuat tiruannya. Begitu pula dengan pengikut KRISTUS. Kita tahu siapa penirunya. Sebelum merayakan Natal, ‘penirunya’ membuat dulu acara haloween yang dikemas dengan meriah, lucu dan menghibur. Ketika kita bersekutu di dalam komunitas gereja, mereka pun membuat komunitas yang ‘seperti gereja’ tetapi sama sekali tidak bicara soal TUHAN di dalam acara tersebut. Ketika kita di dalam gereja bernyanyi memuji TUHAN, penirunya juga mengajak pengikutnya ‘menyanyi dengan riang gembira’ di dalam acara itu, tetapi menyanyikan lagu-lagu dunia.
Di akhir zaman, kalau kita tidak berhati-hati, dan kalau kita tidak cemerlang, kita akan sama saja atau malah kalah ‘bersinar’nya dibanding brand anak TUHAN yang aspal alias seperti asli tapi palsu. Kualitas yang kita miliki harus betul-betul bagus. Harus benar-benar teruji. Barulah itu yang akan menyatakan bahwa kita adalah anak TUHAN yang murni, yang genuine atau asli ! Itulah yang akan membedakan kita dengan dunia.

Ary dan Ester Handoko

Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan

Matius 23 : 23c

Saudara yang terkasih, 

Kita semua tentu pernah masuk ke dalam toilet di mall. Biasanya di banyak mall, di toiletnya kita lihat ada daftar untuk mengecek (check list) hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan dibersihkan oleh petugas kebersihan penjaga toilet. Semuanya harus dalam keadaan OK, dan setiap kali pergantian pegawai (shift), itu harus dilaporkan kepada atasan dan diperiksa.
Kita sebagai anak TUHAN juga tidak luput dari check list yang harus kita isi dengan baik dan benar. Jangan pernah berpikir bahwa jadi orang Kristen hanya cukup dengan datang untuk absen sama TUHAN satu kali kebaktian dalam seminggu, dan itu cukup. Ternyata bukan seperti itu. Ada check list cukup panjang yang harus kita isi. Mustinya kita juga sudah tahu sama tahu apa saja isi dari check list itu. Sudahkah kita berdoa, sudahkah kita memberi persembahan (ada bermacam bentuk persembahan yang harus kita berikan, semuanya tercatat dalam Alkitab), sudahkah kita melayani TUHAN, sudahkah kita belajar Firman TUHAN setiap hari ( membaca Alkitab setiap hari), sudahkah kita belajar melakukan Firman TUHAN (termasuk mengampuni), sudahkah kita bersaksi kepada sekeliling, sudahkah kita membawa banyak jiwa datang kepada TUHAN. Sudahkah kita beribadah dengan takut dan gentar, sudahkah kita menambah jam ibadah dengan jam-jam doa di dalam ibadah doa yang ada, sudahkah kita melakukan pertobatan setiap hari dan minta ampun setiap hari kepada TUHAN, sudahkah kita mengucap syukur atas semua berkat-NYA, sudahkah kita belajar berpuasa, sudahkah kita menyangkal diri (meninggalkan kebiasaan buruk kita) dan pikul salib. Dan masih banyak lagi..
Di ayat emas hari ini, YESUS mengecam ahli Taurat dan orang Farisi yang nampaknya secara lahiriah beribadah dengan luar biasa, padahal di dalam hatinya mereka tidak ada keadilan, belas kasihan dan kesetiaan. IA berkata bahwa : ‘yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.’ Begitulah rupanya standard yang YESUS terapkan. Marilah kita juga belajar untuk mengisi check list kita dengan benar. TUHAN sudah dekat, siapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut kedatangan-NYA !

Yang ku ingini ENGKAU saja
Tinggal dalam kehendak rencana-MU
Pisahkan diriku dari dunia ini
Semakin ku damba Kerajaan-MU

Ary dan Ester Handoko

Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu. Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-NYA, "AKU takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan AKU takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah KUlakukan"

Kejadian 8 : 20-21

Saudara yang terkasih, 

Sering kali beberapa dari saudara bertanya kepada kami,’Kenapa ya, doaku kok ngga dijawab-jawab? Kenapa ya kalo doa serasa mentok di langit-langit, ngga naik-naik? Kenapa ya kalo pas datang di doa malam liat jemaat kanan kiri kok kayaknya enak gitu, bisa doa dengan khusuk, seperti cepat ketemu dengan YESUS dan langsung bisa curhat, kenapa aku ngga bisa gitu ya?’ Sebenarnya jawabannya sederhana. Selain harus selalu cek hati, bebaskan hati dari segala macam sampah, kotoran dan rasa sakit gara-gara tersinggung si A atau si B, ada satu hal yang sering dilupakan orang. Saudara tahu orang yang sedang membakar sate? Kenapa kok baunya bisa harum dan menyenangkan hati orang yang lewat? Karena ada daging yang dibakar diatasnya. Saudara lihat mobil? Kenapa kok bisa jalan meluncur dan ngebut ? Karena ada bahan bakar di dalam tangkinya. Kenapa mobil sedang meluncur enak tiba-tiba tersendat-sendat, bahkan mogok, padahal mesin semua sehat? Karena bahan bakarnya habis. Gimana caranya mobilnya bisa jalan lagi ? Ya isi bahan bakar lagi. Sesederhana itu.
Saudara, mau doa saudara cepat naik? Cek persembahan kita. Apakah sudah cukup untuk membawa doa kita naik ke hadirat-NYA. Sudah cukupkah ‘bahan bakar persembahan’ itu membuat TUHAN DISENANGKAN dan MENDENGAR DOA kita?
Di Alkitab ada satu teladan yang indah yang dilakukan seseorang bernama bapak Nuh. Setelah air bah surut, hal pertama yang dia lakukan adalah : keluar dari bahtera dan menumpuk batu-batu untuk menaikkan persembahan berupa korban bakaran. Hal itu membuat TUHAN mendengar doanya. Murka TUHAN surut. Dan bahkan IA MELIMPAHKAN BERKAT atas bumi selama bumi masih ada. “Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam” Kejadian 8 : 22. Luar biasa makna sebuah persembahan di hadapan TUHAN !

Di saat kita tidak bisa doa,
cek ‘bahan bakar’ kita,
sudah cukupkah ?

Ary dan Ester Handoko

AKUlah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam AKU dan AKU di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab diluar AKU kamu tidak dapat berbuat apa-apa

Yohanes 15 : 5

Saudara yang terkasih, 

Siapa tidak kenal cerita Doraemon ? Semua orang pasti kenal cerita anak-anak ini. Ada seorang anak kami yang ngefans sekali dengan Doraemon sewaktu masih kecil dulu. Dan sekarang dia menemukannya kembali dan mulai menonton lagi beberapa episodenya di You Tube di saat luangnya. Terakhir dia berkomentar seperti ini, ”Setelah melihat lagi kartun ini, saya makin berkesimpulan bahwa : Nobita itu ngga bisa apa-apa. Semua-semua tergantung Doraemon. Betapa bodohnya Nobita itu. Tanpa Doraemon, celaka deh dia. Sekali ditinggal Doraemon, dia bakal teriak-teriak panik. Buat Nobita, Doraemon sudah seperti juru selamatnya, yang sanggup selamatkan dia dari situasi sulit apapun !”
Saudara, jika saudara juga masih ingat cerita tentang kucing besar berwarna putih biru itu, tentunya saudara juga sering gemas melihat pemiliknya, Nobita. Sering dia berada dalam kesulitan karena kebodohannya sendiri, dan Doraemon yang sayang kepadanya, selalu datang untuk menyelamatkan dia dengan kantung ajaibnya. Tetapi sebenar-benarnya, kita juga ada pada posisi yang sama dengan Nobita ini. Di dunia yang penuh tantangan ini, kita tidak tahu harus berbuat apa, harus mengambil tindakan seperti apa. Bahkan jalan yang kita tempuh sering salah arah. Tanpa YESUS, tanpa Seorang Juru Selamat, kita akan terhilang. Kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa-NYA. Kita juga sering seperti Nobita, yang nangis-nangis dan berteriak kepada TUHAN, karena terjebak dalam situasi atau masalah yang pelik, yang tidak bisa kita pecahkan sendiri. Tetapi DIA selalu datang dan hadir memberikan kepada kita jalan keluar. Jelas YESUS telah berkata,”…diluar AKU kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Teruslah melekat kepada YESUS, sebab memang hanya DIA yang sanggup menyelesaikan segala masalah hidup kita…

Aku percaya, janjiMU ya dan amin,
Kasih-MU setia di dalam hidupku,
Aku percaya anug’rah-MU besar,
Lebih dari semua yang dapat ku pinta

Ary dan Ester Handoko

Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi

Yosua 21 : 45

Saudara yang terkasih, 

Pada hari ulang tahun pernikahan, seorang suami ingin membelikan sebuah hadiah istimewa untuk istrinya itu. Dia tahu bahwa istrinya suka warna hijau, semua perabotan rumah sampai semua aksesoris yang suka dipakai istrinya hampir semua berwarna hijau. Dan dia ingin istrinya memilih sendiri barang yang ia sukai. Suatu kali ia membawa istrinya pergi berjalan-jalan. Ketika sedang berjalan santai di tepi jalan, dia berkata kepada istrinya sambil menunjuk sesuatu di seberang jalan. “Mah, lihat, itu cocok ya buat kamu, warna kesayanganmu lagi.. Aku ingin membelikannya untukmu.” Sang istri melihat ke pemandangan yang ada diseberangnya. Disana terparkir sebuah mobil kecil cantik berwarna hijau. Saking kaget dan senangnya, dia berkata sambil agak berteriak girang,”Apaa pah?? Kamu mau membelikan aku mobil hijau itu?? Beneran pahh?? Ngga salah ya?? Buat kado anniversary ya pah?? Waah, makasih banyak paahh” (sambil dipeluknya suaminya). “Lhoo, bukan mahh, perhatikan baik-baik, di belakang mobil itu kan ada toko baju, naah, baju yang panjang warna hijau itu loo, apa namanya ? Daster? Iya daster warna ijoo itu lohh, cucyokk kan buat kamu??” kata suaminya sambil mengkedip-kedipkan mata menggoda. Langsung muka istrinya menjadi manyun dan cemberut. Rupanya suaminya ingin menggoda dia saja….
Saudara, kisah diatas mungkin sudah pernah saudara dengar dengan berbagai versi. Betapa sering iming-iming dunia memberikan harapan yang begitu tinggi di awan-awan, namun sedetik kemudian menghempaskan harapan itu hingga jatuh ke dasar yang paling bawah. Sehingga muncul ungkapan : kenyataan tak seindah harapan. Atau : ketika mimpi tak seindah kenyataan. Dan macam-macam ungkapan lagi. Tetapi ada satu hal yang perlu kita ketahui, harapan yang TUHAN berikan, pasti akan menjadi kenyataan. TUHAN bukan Pribadi yang suka ‘main-main’ atau ‘menggoda’ kita dengan memberikan harapan yang muluk, tetapi kenyataannya tidak ada. Alkitab mengatakan dengan jelas, semua yang DIA janjikan, tidak ada satupun yang tidak terpenuhi. Semuanya terpenuhi ! Haleluyah ! Selalu ada harapan yang indah dan nyata di dalam DIA.

Ary dan Ester Handoko

Page 1 of 30