Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun

Ulangan 6 : 6 - 7

23 Juni 2019

Saudara yang terkasih, 

Saat sedang kontrol rutin di sebuah rumah sakit, kami melihat ada selembar catatan ditempel di atas kaca di wastafel rumah sakit yang menjelaskan tentang prosedur mencuci tangan yang benar. Begitu sederhana proses mencuci tangan, kenapa musti ditempel di kaca toilet sebuah rumah sakit ? Padahal yang bercermin juga banyak orang yang sudah dewasa, bukan anak kecil lagi. Selain itu, bukankah kita semua rasanya sudah pintar mencuci tangan sendiri ? Kenapa tahapan-tahapannya harus dijelaskan dengan begitu rinci ? Tetapi rupanya, pelajaran sederhana seperti ini memang harus diulang dan diingatkan lagi. Bukan karena manusia bodoh (pasti tidak ada yang mau dibilang bodoh), tetapi karena ‘lupa’, atau ‘malas’, atau tidak peduli kebersihan. Padahal hal sederhana itu penting sekali untuk kesehatan kita.
Saudara, seperti halnya prosedur mencuci tangan yang harus dicermati lagi, begitu pula dengan prosedur menjadi murid YESUS. Begitu sederhana dan mendasar mustinya. Tetapi mengapa kita harus mendengarkan uraiannya tiap minggu, bahkan tiap beberapa hari sekali lewat kotbah para hamba TUHAN ? Semuanya itu sangat perlu, ternyata, untuk membentuk rohani kita lebih baik lagi. Jangan pernah bosan, jangan pula berkata bahwa kita tidak perlu. Ternyata, kita sangat memerlukannya.


Kiranya kita semakin bertumbuh
Di dalam kasih kuasa-NYA
Yang begitu besar tercurah
Atas kita semua….

Ary dan Ester Handoko