Neraca yang betul, batu timbangan yang betul, efa yang betul dan hin yang betul haruslah kamu pakai; AKUlah TUHAN, ALLAHmu yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir

Imamat 19:36

11 Agustus 2019

"Neraca serong adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi IA berkenan akan batu timbangan yang tepat" Amsal 11 : 1

Saudara yang terkasih,
Suatu kesempatan kami berjalan-jalan ke Pasar Atom dan berniat untuk menjual perhiasan emas yang modelnya sudah lama dan mencoba mencari dan mengganti dengan yang model baru. Beberapa toko kami datangi, ada yang mau terima untuk membeli, ada yang tidak. Akhirnya kami ketemu 2 toko yang mau membeli barang yang kami hendak jual. Tetapi anehnya, ketika dicoba dibandingkan harga belinya, jumlah yang disebutkan oleh kedua pemilik toko itu terpaut sangat banyak. Toko A bisa berbeda sekitar 17-20% dari toko B. Melihat perbedaan harga yang begitu besar, tentu saja kami memilih untuk menjual di toko yang berani menawar dengan harga lebih mahal. Dan untuk selanjutnya kami menetapkan hati untuk tidak lagi membeli atau menjual di toko yang menawar dengan harga terlalu rendah tersebut.
Saudara, dunia perdagangan adalah dunia yang sangat menarik untuk bisa mendapatkan laba sebanyak-banyaknya. Tetapi pesan TUHAN hari ini mengingatkan kita, untuk kita membeli atau menjual dengan harga yang sewajarnya. Juga takaran / timbangan yang kita pakai harus benar-benar bisa dipercaya. Begitu pula soal mutu barang yang dijual. Jangan sampai kita menipu pembeli dengan mengatakan suatu produk ini merk nya asli, padahal KW. Atau berkata ini barang impor dari Amerika asli, padahal dari Cina atau malah dari Bandung. Sebaliknya sebagai pembeli, janganlah juga kita menjadi pembeli yang jahat, yang menawar dengan harga yang tidak masuk akal murahnya. Yang berusaha menekan penjual dengan menawar mati-matian untuk mencapai harga paling rendah, padahal sebenarnya saudara tahu harga yang pantas untuk barang yang dijual itu.
Jadilah Terang dan Garam bagi dunia, termasuk di dalam dunia perdagangan. Jadilah anak-anak TUHAN yang bisa membawa berkat, kemanapun TUHAN utus kita untuk melangkah.

Ary dan Ester Handoko