Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu AKU buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu

Yeremia 29 : 7

18 Agustus 2019

Saudara yang terkasih, 

Tentu kita semua pernah merasakan ikut upacara bendera setiap hari Senin waktu bersekolah dulu. Biasanya yang masih diingat adalah : panas dan berkeringatnya badan ini karena kena terik matahari, juga keusilan teman-teman di sebelah kanan kiri dan belakang kita yang bermain-main selama upacara 1 jam yang sedang berlangsung. Atau mungkin juga ada satu dua teman yang tiba-tiba jatuh pingsan karena tidak tahan berdiri terus dan belum makan dari pagi. Ada banyak peristiwa lucu dan membuat memori lama terkenang kembali saat mengingat saat-saat upacara bendera itu. Belum lagi gerak langkah yang salah dan tidak serempak dari teman-teman yang sedang bertugas mengibarkan bendera, atau benderanya nyangkut ditengah-tengah tidak bisa naik lagi. Atau lagu Indonesia Raya masih berkumandang, tetapi pengibaran sang merah putih sudah selesai karena bendera merah putihnya sudah sampai di ujung tiang paling atas.
Saudara, aneka memory indah itu tentu sedikit banyak masih lekat di ingatan kita masing-masing. Bagaimanapun, upacara bendera adalah hal yang penting dilakukan, karena dengan upacara semacam ini, kita belajar untuk menghargai negara dan tanah air yang sudah diberikan TUHAN kepada bangsa ini. Alkitab pun mengajarkan bahwa kemanapun TUHAN menempatkan kita, kita harus berdoa untuk kesejahteraan negeri itu, karena kesejahteraannya adalah kesejahteraan kita juga. Sebuah bangsa yang mencintai TUHAN, yang penduduknya ingat kepada Sang Penciptanya, TUHAN berkati luar biasa. Tanahnya DIA berkati, begitu pula rakyatnya TUHAN berkati dengan hikmat, kesehatan dan kedamaian.
Hari ini di gereja kita merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun. Mari kita terus berdoa untuk bangsa dan negara kita tercinta ini. TUHAN memberkati kita semua. MERDEKAA !!!

ENGKAU tetap TUHAN
kutinggikan diatas s’galanya
Bangsa ini dipenuhi Nama TUHAN….

Ary dan Ester Handoko