Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang

Lukas 12 : 43

15 September 2019

Saudara yang terkasih, 

Suatu kali kami sedang ke mall Tunjungan Plaza. Ketika jam sudah menunjukkan pukul 21.50, kami pun bersiap untuk pulang, karena sebentar lagi mall nya akan tutup. Tetapi sebelumnya, sempat mampir dulu ke toilet, dan ketika itu kami mendapat satu pengalaman yang masih teringat terus sampai sekarang. Biasanya bila mall sudah mau tutup, maka pegawai penjaga toilet sudah mulai bersih-bersih dan seringnya kita menghadapi muka masam pegawai yang merasa pekerjaannya terganggu karena mau dibersihkan masih saja ada pengunjung mall yang mau pakai toilet. Atau, bahkan kadang kala kita sudah ditolak untuk masuk, dengan alasan toiletnya lagi dibersihkan. Tetapi malam itu, di jam berakhirnya mall, petugas cleaning service masih menyambut kami dengan ramah, masih berkata,”Selamat malam pak/bu, silakan..”dan bahkan ketika keluar dari toilet masih disapa pula dengan ucapan,”Terimakasih pak/bu….” Dengan wajah tersenyum penuh keramahan yang tak berkurang sedikitpun. Dia tetap melayani dengan baik sampai detik terakhir masa tugasnya malam itu. Luar biasa. Kalau ada alat otomatis yang bisa memberi ‘bintang’untuk petugas itu, maka kami akan beri bintang 5 untuk dia.
Saudara, kisah hidup kita di dunia ini juga tidak akan selama-lamanya berlangsung. Semua akan ada akhirnya. Repotnya lagi, kita tidak pernah tahu kapan akan berakhir. Bisakah kita taat, setia dan melayani dengan sungguh-sungguh sedemikian rupa kepada TUHAN, sampai akhir ? Tidak pernah berkurang dan kendor barang sedikitpun. Selalu mempersiapkan diri sebaik-baiknya setiap hari, seperti kita akan ‘dipanggil’-NYA pulang setiap saat.
Pelajaran indah kami dapat dari pertemuan singkat dengan petugas cleaning service di toilet mall tadi. Kerjakanlah anugerah keselamatan kita dengan sekuat tenaga sampai titik yang paling akhir. Dan, mungkin hari ini adalah hari terakhir kita. Tidak ada seorang pun yang tahu…..

Ku mau setia sampai akhir
Melayani seumur hidupku
Sampai kudapatkan mahkota kehidupan
Di dalam kerajaan-MU

Ary dan Ester Handoko