Sebab itu berkatalah Yosua kepada orang Israel : "Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, ALLAH nenek moyangmu ?"

Yosua 18 : 3

22 September 2019

Saudara yang terkasih, 

Pernahkah mengalami hal seperti ini : saat sedang pergi keluar kota selama beberapa hari, sedang berjalan-jalan, lalu melewati sebuah toko dan ingin membeli suatu barang, namun ditunda dengan alasan : ‘Ahh, entar lah, nanti-nanti aja pas sudah dekat harinya pulang. Toh masih ada kesempatan…’ tetapi akhirnya sampai hari terakhir di kota itu pun kita tidak berkesempatan lagi untuk mengunjungi toko itu, dan kesempatan itu hilang. Tentu kejadian seperti ini kadang kala terjadi, bukan ?! Jika barang yang ingin dibeli itu tidak terlalu kita perlukan, tentu tidak apa-apa. Tapi bila barang itu benar-benar kita sedang perlukan atau inginkan dan harganya sesuai dengan budget yang kita miliki, akan terbersit rasa kecewa dalam hati karena tidak bisa memperolehnya.
Saudara, di dalam pembacaan Alkitab beberapa waktu lalu, kita baca bahwa disana Yosua menegur bangsa Israel yang bermalas-malas ( dibaca berlambat-lambat) untuk mengambil berkat yang sudah tersedia di depan mata mereka. Padahal kesempatannya sudah tiba dan sudah dinanti-nantikan selama 40 tahun. Kesempatan itu sudah datang dan tersedia. Yosua menegur dengan keras, karena mereka seperti mengabaikan apa yang sudah disediakan TUHAN dan tidak mau mengambilnya dengan cepat.
Bilamana waktunya telah tiba, janganlah berlambat-lambat. Raihlah kesempatan yang ada, kesempatan untuk memperoleh berkat TUHAN. Jangan sampai kesempatan itu lewat begitu saja dan tidak ada lagi kesempatan terbaik yang sama seperti itu.

Ku percaya KAU TUHAN yang tak pernah gagal
Menjadikan ku lebih dari pemenang
Ku percaya KAU TUHAN yang tak pernah lalai
Menepati janji-janji-MU

Ary dan Ester Handoko