Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya

Pengkotbah 3 : 1

13 Oktober 2019

Saudara yang terkasih, 

Tahukah saudara bahwa untuk bisa mendapat telur setengah matang yang bagus itu perlu waktu yang tertentu. Caranya adalah : didihkan air, setelah air mendidih, masukkan telur, pasang timer untuk 3 menit, kecilkan api, sesudah 3 menit matikan apinya dan tiriskan telurnya. Maka telur setengah matang bisa disajikan segera. Tips ini untuk telur ayam kampung. Jika saudara merebus telur ayam negeri yang agak besar, setelah api dimatikan bisa ditunggu beberapa saat dulu di dalam air rebusan panas itu sebelum ditiriskan. Selamat mencoba.
Sama seperti cara memasak yang memerlukan waktu tertentu supaya masak sempurna, begitu pula cara TUHAN mengatur segala masa di dunia ini. Ada waktu DIA. Di Pengkotbah dijelaskan bahwa ada waktu untuk segala sesuatu, untuk apapun di bawah langit ini ada waktunya. Untuk sebuah pohon mangga dipetik buahnya pun, harus ada waktu tertentu. Kita musti sabar menunggu waktu itu. Untuk sekuntum bunga mawar bisa merekah sempurna, kita juga harus menunggu, tidak bisa dengan tangan kita buka sendiri putik-putik bunganya, karena itu justru akan merusak bunga itu.
Saudara, jika TUHAN bergerak pada waktuNYA, pada masaNYA, maukah kita dengan sabar menunggu ? TUHAN tidak tidur, dan DIA selalu bekerja. Yang diperlukan hanya sedikit kesabaran untuk menunggu waktu TUHAN. Apa yang saat ini sedang saudara nantikan, bisakah kita sabar menunggu sampai TUHAN memberkati kita, pada waktu-NYA, bukan pada waktu kita ? Dan senantiasa ingatlah, bahwa DIA tidak pernah berlambat-lambat. DIA selalu tepat waktu untuk memberkati kita sesuai dengan kemurahan-NYA yang tak terbatas.

Waktu TUHAN bukan waktu kita
Jangan sesali keadaannya
Untuk semua ada waktu TUHAN
Tetap setia mengandalkan-NYA

Ary dan Ester Handoko