Lihat, AKU mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati

Matius 10 : 16

20 Oktober 2019

Saudara yang terkasih, 

“Jelaskan sama saya, bagaimana soal cerdik tetapi harus tulus ini. Semuanya seperti berkebalikan, tetapi ‘kan katanya harus ‘kena’ kedua-duanya. Bingung saya. ”Begitu kata seorang anak kami di suatu siang. Dia memang sedang menghadapi sedikit masalah di sekolahnya. Ada seorang anak yang kebetulan dulu pernah ditetapkan untuk duduk sebangku dengannya, kemudian anak ini menjadi ‘benalu’ baginya. Anak yang malas, sehingga selalu minta contekan, tanya-tanya melulu karena tidak pernah mendengarkan perintah guru dengan benar. Dan repotnya kalau bagi tugas kelompok selalu dipasangkan dengan anak kami ini. Tetapi baru-baru ini, tiba-tiba guru wali memindahkan anak ini untuk duduk dengan teman yang lain. Maka ada perasaan lega dan senang, tetapi juga sekaligus rasa bersalah karena merasa senang itu tadi di hati anak kami. Sehubungan dengan hal itulah, maka ayat diatas dipertanyakannya. Maka di siang hari itu, kami memberikan kepadanya beberapa contoh, sehingga akhirnya dia bisa mengerti arti ayat itu.
Saudara, TUHAN menyuruh kita menjadi cerdik seperti ular tetapi bersamaan dengan itu DIA juga menyuruh kita untuk tulus seperti merpati. Sungguh suatu perpaduan yang unik. Tetapi begitulah TUHAN kita. DIA tahu yang terbaik. Dan kita harus bisa melakukannya. Tidak sulit, bila kita minta hikmat TUHAN senantiasa. Seperti apa yang tertulis, begitu saja yang DIA minta. Menjadi jujur, bukan berarti membuat kita menjadi bodoh. Tetap pintar mengambil keputusan, tetapi sekaligus tetap jaga hati untuk selalu berkenan di hadapan TUHAN. Jangan berbohong dan berputar-putar. Jangan biarkan timbul hati yang jahat, mulut yang berbohong, dan sikap yang berkompromi dengan dosa dan pemberontakan. Jadikan hidup kita selalu berkenan di hadapan TUHAN.

Kupersembahkan hidupku kepada-MU TUHAN
‘Tuk kemuliaan-MU
Kuberikan hidup ini s’bagai persembahan
Yang berkenan pada-MU

Ary dan Ester Handoko