Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu

Amsal 3 : 7 - 8

3 November 2019

Saudara yang terkasih, 

Beberapa waktu yang lalu Indonesia kehilangan seseorang cendekiawan ternama, sekaligus eks Presiden RI, yaitu bapak Habibie, ketika beliau wafat pada usia ke 83 tahun. Beliau adalah orang Indonesia pertama yang berhasil membuat pesawat terbang, dan diakui oleh dunia internasional. Cukup membanggakan melihat semua prestasi yang beliau raih selama hidupnya. Beliau diakui sebagai seorang cerdik cendekia dan seseorang yang sangat pandai di bidangnya. Susah sekali untuk menemukan orang sekaliber beliau di negara Indonesia ini.
Tetapi siapakah orang yang pandai menurut firman TUHAN ? Ternyata justru orang yang tidak menganggap diri sendiri bijak, yang TAKUT akan TUHAN, yang menTAATi TUHAN lebih dari segalanya dan menjauhi segala yang jahat. Dunia punya standard tersendiri untuk mengatakan seseorang pandai. Tetapi TUHAN juga punya standard tertentu untuk mengatakan seseorang berhikmat dan bijaksana. Bukan cuma berhenti sampai menghafal firman, mengerti firman, tetapi yang taat melakukan firman. Sebab di dalam taat dan TAKUT akan TUHAN itulah, DIA akan menuntun kita lebih dalam lagi, selangkah demi selangkah, tentang hal-hal yang tidak kita mengerti.

Oh give thanks to the LORD for HE is GOOD,
For HIS steadfast love endures forever,
Oh give thanks to the LORD for HE is GOOD,
For HIS steadfast love endures forever…

Ary dan Ester Handoko