Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada BAPAmu yang ada di tempat tersembunyi. Maka BAPAmu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu

Matius 6 : 6

10 November 2019

Saudara yang terkasih, 

Banyak jemaat dan teman yang bertanya, bagaimana sih caranya bisa mendengar suara TUHAN ? Hal ini adalah topik yang selalu menarik dan semua anak TUHAN ingin mengalaminya. Sebenarnya caranya sangat sederhana dan sudah ‘terpampang nyata’ ditulis di dalam Alkitab. Caranya, salah satunya yang paling mudah, adalah : dengan berdoa. Tetapi yang dimaksud dengan berdoa, bukan doa asal doa, tetapi doa dengan cara seperti yang sudah diajarkan YESUS dalam ayat diatas. Bersekutu dengan TUHAN secara pribadi. Bukan berarti lalu berdoa bersama-sama di dalam gereja atau persekutuan tidak ada artinya. Tetapi bila saudara benar-benar ingin mendengar tuntunan yang jelas dari TUHAN, dibutuhkan hati yang haus dan niat yang sungguh-sungguh untuk bertemu dengan-NYA dalam doa-doa pribadi.
Kata-kata ‘masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu’ bukan saja berarti secara harafiah kita harus berdoa di tempat yang tersembunyi dari keramaian, tetapi di saat berdoa, kita juga benar-benar harus memfokuskan pikiran dan hati kita kepada TUHAN. Bukan hanya badan kita saja yang harus berdua dengan TUHAN di dalam suatu ruangan, tetapi terutama ayat itu berbicara tentang hati dan pikiran yang FOKUS menantikan DIA. FOKUS mencari DIA. Bahkan di tengah keramaian. Ini perlu kesungguhan memang, karena benar-benar saat-saat itu pikiran kita tidak boleh ‘berjalan-jalan’ kemana-mana. Telinga rohani kita juga harus benar-benar tertuju kepada-NYA, karena biasanya DIA akan berbicara dengan suara yang halus dan lembut. Dan itu akan jelas terasa di dalam hati kita.
Saudara, cobalah mempraktekkan hal diatas, dan pasti engkau akan bisa mendengar suara-NYA yang lembut menuntut kita setiap hari.

Ini hatiku menyembah-MU
Tulus dan kagum pada-MU YESUS
Ini hatiku tak sempurna
Perlu campur tangan-MU dalam hidupku

Ary dan Ester Handoko