…supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan

I Korintus 12 : 25

5 Januari 2019

Saudara yang terkasih, 

Beberapa waktu lalu kami mengunjungi suatu wahana di kota Batu, namanya Museum Tubuh. Di dalamnya berisi banyak foto dan replika tentang anggota tubuh kita dari ujung kepala sampai kaki. Juga ada penjelasan tentang cara kerja dan fungsi masing-masing anggota tubuh itu. Ternyata yang kelihatannya kecil dan sering dianggap tak berguna, justru banyak gunanya. Contohnya, usus buntu. Dulu orang berkata bahwa usus buntu tidak ada gunanya. Tapi ternyata, dia berfungsi untuk keseimbangan. Contoh lainnya, kita diciptakan dengan 2 ginjal. Bila salah satu diambil, maka 1 ginjal yang tersisa akan bekerja lebih keras 2 kali lipat. Berarti ungkapan : boleh menjual ginjal untuk dapat duit, itu salah. Karena semua anggota tubuh sangat-sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup.
Saudara, semua anggota tubuh diciptakan untuk suatu tujuan. Tidak mungkin TUHAN menciptakan sesuatu kemudian ditempelkan di tubuh kita, dan itu tidak ada fungsinya. Kita juga adalah anggota tubuh KRISTUS. Tidak mungkin kita menjadi anggota tubuh KRISTUS dan tidak ada fungsinya. Kita semua ditaruh TUHAN di dalam Tubuh-NYA untuk suatu maksud tertentu, maksud yang mulia, yaitu untuk memuliakan Nama-NYA.
Betapa indahnya bila semua anggota tubuh berfungsi dengan baik dan sehat. Marilah kita juga menjadi anggota tubuh yang baik dan sehat, serta dapat berfungsi secara maksimal. Kita sekarang telah memasuki tahun yang baru. Biarlah di tahun 2020 ini kita semakin indah dihadapan-NYA. Menjadi anggota tubuh KRISTUS yang semakin sempurna serta saling mendukung dan bisa bekerja sama dengan baik dengan anggota tubuh lainnya.

Selamat memasuki Tahun Baru 2020,
Selamat menikmati Berkat TUHAN di tahun baru ini….

Ary dan Ester Handoko