Pandanglah burung-burung di langit yang tidak menabur…namun diberi makan oleh BAPAmu yang di surga. Bukankah kamu jauh lebih berharga daripada burung-burung itu ?

Matius 6 : 26

19 Januari 2020

Saudara yang terkasih, 

Beberapa teman kuliah di group WA yang kami ikuti, merasa gamang dengan tahun 2020 ini. Mereka bilang, masa depan bangsa kita suram. Bahkan masa depan ekonomi global sedunia seperti tidak ada kepastian. Semuanya membawa kepada kesulitan yang dahsyat yang pasti akan kita rasakan bersama di masa yang akan datang. Bahkan ada seorang teman ( yang merasa dia paling ngerti dan pandai ), yang suka ber’kotbah’ panjang lebar soal perekonomian ini. Dia mengetik ‘ramalan’nya dengan huruf-huruf besar semuanya. Dan semuanya tidak ada yang indah. Semuanya bernada negatif, sehingga membuat pembacanya merasa bingung dan gamang.
Saudara, siapakah yang akan kita percayai, ‘ramalan’ para ahli ekonomi yang ada di sekitar kita, atau janji penyertaan TUHAN yang sudah banyak kita dengarkan di gereja dan kita baca di pembacaan Alkitab harian yang kita miliki ? TUHAN telah berjanji, bahwa kita akan diberi makan. Kita tidak akan sampai meminta-minta roti. Anak cucu kita akan diberkati dan menjadi berkat buat sekeliling. Semuanya jelas tercatat dan semuanya digenapi olehNYA setiap hari. Mengapa kita masih juga takut memandang masa depan? Sampai TUHAN menyuruh kita memandang burung-burung di langit, sebagai contoh yang nyata akan pemeliharaan-NYA !
Saudara, tinggalkanlah kegalauan hatimu, ketakutanmu akan apa yang akan terjadi esok. Di dalam TUHAN ada jaminan kekal, bahwa DIA PASTI MEMELIHARA kita. DIA tidak pernah melupakan kita. Beribadahlah dengan tekun, lakukan tugas ibadahmu dengan setia, sebab TUHAN yang kita sembah juga telah SETIA memberkati kita.

Jangan menyerah, jangan berhenti percaya padaNYA
Walau kelam di depanmu, tiada jalan bagimu
Jangan menyerah, jangan berhenti percaya padaNYA
Ijinkanlah DIA bekerja, memberi jalan bagiMU

Ary dan Ester Handoko