Akhir kata dari segala yang didengar ialah : takutlah akan ALLAH dan berpeganglah pada perintah-perintah-NYA, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena ALLAH akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat

Pengkotbah 12 : 13 - 14

23 Februari 2020

Saudara yang terkasih, 

Suatu ketika saat KKR di Karang Asem sedang berlangsung, setelah puji-pujian dinaikkan dan firman akan disampaikan, tiba-tiba pembicara KKR meminta para pemain musik untuk tetap berada diatas mimbar, tidak turun dan duduk di kursi di deretan jemaat. Dan kami termasuk yang ‘mengikuti’ perintah itu serta duduk tetap di mimbar. Saat firman disampaikan, saat itu kami baru sadar bahwa dari atas mimbar, segala apapun yang dilakukan jemaat akan kelihatan. Walaupun ada yang berusaha ‘menyembunyikan diri’ (mungkin takut tiba-tiba ditunjuk dan diberi pertanyaan Alkitab) di balik pilar. Ada yang kadang berpura-pura sibuk membuka catatan atau Alkitab, tetapi tetap saja semuanya terlihat jelas dari depan. Tidak ada yang tersembunyi. Memang yang duduk di deretan belakang kelihatan agak jauh, tetapi tetap saja terlihat. Apalagi gereja kita yang di Karang Asem memang berukuran mungil, semua bisa terjangkau dengan pandangan mata biasa.
Saudara, bagaimana kita mau menyembunyikan diri dari pandangan Mata TUHAN ? DIA melihat segala sesuatu yang kita perbuat. Segala sesuatu terlihat jelas, tidak ada yang tersembunyi barang sedikit pun ! Dan walaupun sepertinya satu saat DIA diam saja, tapi TUHAN tau dan melihat. Sama seperti keadaan di Karang Asem sewaktu KKR yang lalu, dari depan mimbar, siapapun yang berdiri disana akan bisa melihat semua yang hadir, apalagi TUHAN, bahkan DIA bisa melihat yang jauh tersembunyi di pikiran dan lubuk hati yang paling dalam. DIA tahu segala alur pikiran dan motivasi yang kita miliki. DIA tahu semuanya.
Hiduplah LURUS senantiasa di hadapan TUHAN. Kita sudah berada di ‘track’ terbaik yang TUHAN siapkan untuk kita, hanya, berjalanlah lurus, jangan berbelok-belok ke kanan atau ke kiri. TUHAN yang melihat kita akan memberkati kita sesuai dengan ketundukan hati kita kepada-NYA.

Ary dan Ester Handoko