Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tidak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, kemana engkau akan pergi

Pengkotbah 9 : 10

1 Maret 2020

Saudara yang terkasih, 

Satu anak kami pulang dari outbond yang diadakan sekolahnya dengan membawa seabreg cerita tentang acara yang barusan ia ikuti. Lalu rentetan ceritanya itu dilengkapi dengan menunjukkan foto-foto kelas yang seangkatan dengan dia. Lalu diselipkan juga ada nada bangga di dalam ceritanya, dia bilang bahwa kelasnya adalah kelas yang paling kompak. Kenapa ? Karena, kata dia sambil terus bercerita dengan semangat, ketua kelasnya adalah ketua kelas yang terbaik. Dia mengerjakan tugasnya sebagai ketua kelas dengan baik. Dia bisa merangkul semua teman satu kelas, sekaligus pandai mendelegasikan tugas dengan adil. Ketua kelas, berarti orang yang diangkat untuk menjadi perpanjangan tangan antara wali kelas dengan para murid. Dan ketua kelas yang baik ini mau berbuat lebih. Bukan hanya membagi tugas saja, tetapi ia juga membuat seisi kelas menjadi kompak, bersatu dan hidup.
Saudara, dimanapun posisi kita saat ini, selalu kerjakan yang TERBAIK yang bisa kita lakukan. Maka hidup kita akan menjadi BERKAT. Mengerjakan yang terbaik, tentu artinya bukan mengerjakan tugas secara asal-asalan atau sembari lewat saja. Juga tentu bukan berarti hanya ‘ ala kadarnya’ atau ‘ asal bapak senang.’ Tetapi mau berbuat LEBIH dari standard yang ada. Bahkan Firman TUHAN berkata dengan jelas :”kerjakan itu dengan SEKUAT TENAGA.” Ini menyangkut juga pelayanan dan pengikutan kita kepada TUHAN. Layani DIA dengan sekuat tenaga. Lakukan ketaatan kita dengan sekuat tenaga. Maka kita akan berbahagia melihat hasilnya kelak.

Menyenangkan-MU, senangkan-MU,
Hanya itu kerinduanku
Menyenangkan-MU, senangkan-MU,
Hanya itu kerinduanku

Ary dan Ester Handoko